Senin, 02 Januari 2017

Moral, Etika, Mental Karakter Bangsa

Korea itu cuma pulau kecil mungkin hanya sebesar Madura tapi kenapa mereka punya Samsung, LG dll perusahaan2 papan atas dunia teknologi informatika, elektronika dll padahal mereka tambang saja belum tentu punya, laut sempit itupun penuh sengketa dg negara tetangga spt Tiongkok, Jepang dan Taiwan.

Kita ini jamrud khatulistiwa, negeri kaya raya semua macam tambang, minyak, batu bara, kayu sampai tanah subur dan laut yg kaya raya. Dikorupsi mulai dari jaman orba sampai sekarang ya tdk bangkrut2 meskipun kemiskinan dimana2.

Apa sebab Korea bangkit cepat waktu krisis finansial asia thn 97, sedang kita yg punya modal alam yg besar tertatih2 ?

Krisis finansial 97 membuat rakyat Korea berbondong2 mengumpulkan hartanya utk ikut membayar defisit negara. Mereka sadar mereka rentan, diseberang Korut siap menembak dg pelurunya, Tiongkok siap menganeksasi laut mereka dan Jepang saingan berat dlm teknologi dan ekonomi. Mereka cuma punya 2 pilihan hancur atau kuat itu kenapa mereka bersatu dan rasa nasionalisme mereka menjadikan mereka menjadi salah satu bangsa kuat didunia.

Kita ini mungkin tdk pernah bersyukur anugerah Tuhan YME pada bangsa ini, kekayaan alam dan rasa aman mungkin bisa menjadi berkah sekaligus musibah, kita selalu bereksperimen pada masa depan bangsa kita.

Negeri ini negeri yg sudah selayaknya besar, tapi besar, makmur ataupun maju tergantung pilihan kita juga. Semua negara menjadi besar didunia ini karena punya rasa nasionalisme sebutkan bangsa2 makmur didunia yg tdk punya nasionalisme mulai dr Jepang, Jerman sampai Korea adalah bangsa yg punya karakter kuat dan rasa nasionalisme.

Belajarlah beragama bermartabat dan hidup dengan logika. SARA jangan dibuat mabuk2an selama anda bisa bisa membedakan agama dan alkohol anda masih normal.

Mending anda mabuk alkohol daripada mabuk agama krn logis, agama itu ilmu akhlak, moral dan etika jangan berharap anda jadi ulama, pendeta atau bhiksu dadakan tanpa moral dan etika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kahiyang (Oleh : Abad Badruzaman)

Senang sekali kemarin bisa mengikuti seluruh prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby. Yang datang ribuan. Rame, semarak, tapi tetap khidmat dan sy...